728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, July 17, 2018

Cara Membuat Mango Tea Cake




Salah satu jenis gula yang biasa dikenal ialah gula cair. Gula cair merupakan gula yang terbuat dari campuran antara gula dengan air. Perbandingan secara umum dalam pembuatan gula cair ini biasanya 70 % gula solid, dan 30 % air. 

Bentuk gula lainnya ialah gula yang biasa digunakan sebagai topping donat, yaitu gula nyess atau gula donat yang biasanya menimbulkan nyes di lidah ketika dimakan. Gula nyes ini sangat baik digunakan untuk donat, berwarna putih, teksturnya halus. Gula nyes ini atau gula donat ini akan tetap awet dan berwarna dalam jangka waktu yang lama. 

Dalam hal ini, tentu kedua jenis gula tersebut kurang atau bahkan tidak baik digunakan dalam proses pembuatan cake, apapun cakenya. Namun sebagaimana sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, bahwa salah satu bahan dasar pembuatan cake adalah gula, yang berfungsi untuk memberikan rasa pada cake. 

Baiklah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat Cake yang berbahan pokok mangga. Cake kali ini bertema buah. Tentu semua kalangan menyukai buah musiman yang mudah didapat dan ditemukan di setiap tempat ini. mulai dari pasar tradisional, hingga di supermarket, karena memang keberadaannya yang tidak begitu sulit dan langka untuk didapatkan.


MANGO TEA CAKE

Bahan bahan yang digunakan :

125 gram margarine. (Margarine bebas. Anda dapat memilih margarine apapun yang diinginkan, seperti yang sudah dibahas bahwa margarine memiliki kelompok atau pembagian)
200 gram gula kastor
3 butir telur
120 ml minyak jagung
275 gram tepung terigu
2 sendok teh soda kue
1 sendok makan kayu manis yang berbentuk bubuk
75 gram kelapa parut yang kering
75 gram kismis
1 buah mangga. Usahakan mangga adalah mangga harumanis yang matang, jika tidak, boleh mangga apapun, asalkan memiliki rasa manis. Mangga tersebut dipotong dengan bentuk dadu

Sebagai taburan : almond yang sudah diiris

Setelah seluruh bahan – bahan terkumpul, maka langkah selanjutnya ialah mengolah bahan – bahan yang sudah tersedia hingga menjadi sebuah mango tea cake.

Cara membuat

1. ambil sebuah wadah berukuran sedang. Masukkan margarine dengan gula, kemudian kocok keduanya dengan rata sampai lembut, kemudian masukkan telur satu persatu, sambil terus menerus dikocok sampai rata. 

2. masih di adonan yang sama, masukkan minyak jagung dan tepung terigu, aduk semua bahan yang sudah dicampur dengan rata, kemudian tambahkan soda kue, Kayu manis bubuk, kelapa parut dan kismis, aduk seluruhnya dengan rata hingga hasilnya bagus. 

Ketika semua bahan di adonan sudah rata, kemudian masukkanlah potongan potongan mangga yang berbentuk dadu itu ke dalam adonan tadi, aduk semuanya dengan rata, agar hasilnya juga rata dan bagus. 

3. setelah seluruh bahan di dalam adonan rata, lalu tuangkan adonan ke dalam loyang, kemudian taburi almond yang sudah diiris. 

4. panggang di api berukuran sedang selama empat puluh lima (45) menit, atau sampai matang, kemudian angkat ketika sudah matang.
setelah matang, angkat lalu Potong - potong dan sajikan sesuai dengan selera.

Bahan dengan takaran di atas biasanya dapat dibuat untuk enam belas (16) potong.

Sumber bacaan : Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar. Pdf
Buku dasar bread, cake, and cookies.www. sinarYong.com. pdf
Sumber gambar : google
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membuat Mango Tea Cake Rating: 5 Reviewed By: Anita aa