4 Penyebab dan Cara Mengatasi Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair Terbaru 2020

Cara Mengatasi Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair

Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair - Apakah Anda saat ini mengalami insentif prakerja tidak cair ke e wallet? Sebenarnya ada beberapa masalah yang harus perhatikan untuk dapat mengatasi masalah yang rumit ini. Keluhan insentif tidak cair ini dilontarkan oleh peserta yang mengikuti gelombang 1, 2 dan 3.

Sebenarnya untuk pencairan insentif kartu prakerja itu paling lama 7 x 24 Jam, jika melebihi waktu yang ditentukan Anda bisa menghubungi CS yang tertera di dalam web resmi prakerja. Namun pada kenyataan banyak sekali peserta yang tidak menerima insentif tersebut sehingga mengeluh ke instagram resmi @prakerja.go.id.

Perlu Anda ketahui bahwa pemerintah telah menyiapkan Rp 3.55 Juta untuk setiap peserta yang mengikuti pelatihan prakerja. Rp. 1 Juta untuk pelatihan yang tidak bisa dicairkan. Adapun sisanya Rp 2.55 Juta yang dibayar Rp 600.000 Ribu Rupiah selama 4 bulan kedepan. Adapun Rp. 150.000 akan dibayarkan sebagai Anda telah mengisi survey yang ada.

Penyebab Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair


1. Sertifikat Pelatihan Belum Muncul di Dashboard Kartu Prakerja

Agar mendapatkan insentif, tentu Anda harus menyelesaikan pelatihan yang telah diikuti. Setelah mengikuti pelatihan Anda akan mendapatkan sertifikat yang nantinya akan masuk di dashboard website prakerja. Jika tidak muncul maka insentif Anda akan tidak diproses.

Lamanya sertifikat masuk ke dashboard prakerja sebenarnya tergantung dari pihak yang menyediakan pelatihan tersebut. Ada yang memakan waktu 3 hari agar sertifikatnya bisa muncul adapun yang memakan waktu hingga seminggu.

Selain itu yang mengikuti pelatihan prakerja bukan Anda saja, melainkan ribuan peserta yang mengikutinya. Jadi sertifikat yang masuk ke website akan sangat banyak sekali sehingga proses sinkronisasi akan menjadi lama.

2. Sistem Transfer Insentif Tidak Serentak

Anda pasti sudah tau bahwa di dashboard prakerja, ada notifikasi bahwa peserta harus menunggu 7 x 24 jam atau menghubungi CS (Customer Service) saat insentifnya tidak kunjung cair.

Ada beberapa pihak tertentu yang mengatakan bahwa CS sering kali tidak membalas sehingga Anda harus menelepon CS. Selain itu ada juga yang mengatakan kalau insentif sudah diterima namun harus menunggu selama 2 minggu terlebih dahulu.

3. KTP dan Nomor Telepon E Wallet Tidak Sesuai dengan Prakerja

Perlu Anda ketahui agar insentif bisa cair sebaiknya gunakan ktp yang sama saat mendaftar kartu prakerja dan saat melakukan upgrade akun e wallet (OVO, GOPAY, LINKAJA, BNI). Karena jika berbeda KTP maka insentif Anda akan tertunda sampai Anda merubah ktp yang sesuai.

Nomor telepon yang terdaftar pada prakerja dan e wallet jika tidak sesuai bisa menghambat proses pencairan dana insentif Anda.

4. Tips agar Insentif Prakerja segera Cair

Silahkan hubungi platform yang menyediakan pelatihan prakerja untuk secepatnya update sertifikat agar masuk di dashboard prakerja.

Misalnya, Anda ikut pelatihan di Skill Academy dan telah menyelesaikannya, sebaiknya dengan tanggap Anda harus menghubungi pihak Skill Academy untuk menanyakan kapan sertifikatnya segera di update.

Jika tidak ada tanggapan, cobalah mengirim email ke info@prakerja.go.id. Jika tidak ada balasan Anda juga bisa menelpon CS di 021 255 41246.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan, jika ada pertanyaan, silahkan kirim melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "4 Penyebab dan Cara Mengatasi Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair Terbaru 2020"

Posting Komentar

Komentar saja, nanti saja jawab hehe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel